Setting LAN Port Ethernet di Ubuntu Server


Beberapa waktu lalu saat mencoba mulai belajar menggunakan sistem operasi Linux distro Ubuntu saya mendapat sedikit trouble yaitu NIC pada komputer tidak bisa terkoneksi dengan modem router. Jenis NIC di komputer saya adalah keluaran Marvell dengan seri 88E8055 PCI-E Gigabit Ethernet Controller. Koneksi internet yang saya gunakan adalah Speedy. Setelah bertanya kesana kemari akhirnya masalahnya dapat terpecahkan juga. Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan :
saya gunakan perintah lshw -C Network untuk mendeteksi apakah lan card saya sudah terdeteksi atau belum dan ternyata sudah namun belum aktif. ini outputnya :

*-network DISABLED
description: Ethernet interface
product: 88E8055 PCI-E Gigabit Ethernet Controller
vendor: Marvell Technology Group Ltd.
physical id: 0
bus info: pci@0000:04:00.0
logical name: eth0
version: 00
capacity: 1GB/s
width: 64 bits
clock: 33MHz
capabilities: pm vpd msi pciexpress bus_master cap_list rom ethernet physical tp 10bt 10bt-fd 100bt 100bt-fd 1000bt 1000bt-fd autonegotiation
configuration: autonegotiation=on broadcast=yes driver=sky2 driverversion=1.25 firmware=N/A latency=0 link=no multicast=yes port=twisted pair
resources: irq:28 memory:fdcfc000-fdcfffff ioport:be00(size=256) memory:fdb00000-fdb1ffff(prefetchable)

kemudian saya gunakan perintah Sudo ifconfig eth0 up untuk mengaktifkan lan cardnya. Ternyata hasilnya adalah

SIOCSIFFLAGS: Cannot assign requested address
saya gunakan perintah dmesg , dari sekian banyak output yang ada saya fokuskan ke sini

[ 2.920466] sky2 eth0: addr 00:00:00:00:00:00
dari output tersebut dinyatakan bahwa lan card saya terdeteksi namun belum aktif karena belum memiliki MAC Address.

Untuk melakukan pengaturan MAC Address dapat menggunakan perintah

ifconfig eth0 hw ether serimacaddress

0 Response to "Setting LAN Port Ethernet di Ubuntu Server"

Post a Comment