Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah

Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah – Sitemap adalah peta situs yang berisi list konten artikel. Artikel yang dimaksud adalah seperti list posting, kategori, tag, dan halaman. Sitemap dibuat untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindex seluruh konten WordPress.

Pentingkah Membuat Sitemap XML Di WordPress ?

Jika kita membuat blog tujuannya agar bisa keindex sama mesin pencari, maka jawabannya adalah penting. Kenapa ? Karena agar blog menjadi lebih SEO Friendly salah satunya maka perlu dibuat Sitemap. Sitemap untuk keperluan mengoptimalkan WordPress dalam hal SEO, berbeda dengan Sitemap layaknya halaman Daftar Isi. Jika Sitemap dalam membantu pengindexan mesin pencari biasanya basis XML atau Sitemap XML. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat Sitemap XML blog ini.
Dalam membuat Sitemap XML di WordPress kita tidak perlu dipusingkan dengan kode-kode. Semua itu bisa kita lakukan dengan mudah. Kita bisa memanfa’atkan puluhan plugin untuk keperluan tersebut. Hanya dengan beberapa klik, selesailah membuat Sitemap XML di WordPress.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress ?

Seperti yang sudah diterangkan diatas, bahwa dalam hal membuat Sitemap XML di WordPress kita cukup menggunakan plugin saja. Banyak plugin untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan bagi Anda yang menggunakan plugin SEO by Yoast tidak perlu menginstall plugin lagi. Karena didalam plugin SEO by Yoast sudah tersedia fitur untuk membuat Sitemap XML.
Diantara banyak plugin pilihan untuk membuat Sitemap XML di WordPress saya merekomendasikan Google XML Sitemaps. Plugin ini banyak digunakan web-web terkenal. Ketika artikel ini dibuat, yang downloads plugin Google XML Sitemaps sudah mencapai 16.415.100.

Untuk mengaktifkan plugin Google XML Sitemaps di WordPress bisa dicari di menu Plugins WordPress.org. Agar lebih mudah, sebaiknya melalui Dashboard wp-admin saja. Ketik dengan kata kunci “Google XML Sitemaps” di kolom pencarian Plugins > Add New. Setelah ditemukan, langsung saja klik Install Now.
Selesai Install lalu Aktifkan plugin Google XML Sitemapsnya. Selanjutnya kita lakukan pengaturan di Settings > XML-Sitemap. Silakan disesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika saya melakukan pengaturan pada Basic Options seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Membuat Sitemap XML Di WordPress 2
Dan konten yang akan ditampilkan di Sitemap XML, saya hanya mencentang di Include homepage, Include post, Include static pages, Include categories, dan Include tag pages. Lalu pada Further options saya mencentang juga Include the last modification time.
Membuat Sitemap XML Di WordPress 3
Untuk pengaturan lainnya, saya biarkan secara default saja. Artinya saya hanya melakukan perubahan sedikit pada Sitemap Content dan Further options.
Jika semua pengaturan sudah selesai dilakukan sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa klik Update options. Silakan dicoba Sitemap XML yang sudah dibuat dengan URL http://nama-domain/sitemap.xml

Langkah terakhir, masukkan Sitemap XML ke Google Webmaster Tools > Crawl > Sitemaps > Add/Test Sitemap. Jika semua pengaturannya sudah benar, maka Sitemap XML di Webmaster statusnya akan terindex.

Buka : https://www.google.com/webmasters/tools/sitemap-list

Test Uji sitemap tersebut
jika tidak ada error --> berhasil



 

0 Response to "Cara Membuat Sitemap XML Di WordPress Paling Mudah"

Post a Comment