Cara Optimalkan Robots.txt SEO Friendly WordPress

Jika anda ingin meningkatkan SEO Website anda, maka robots.txt merupakan faktor yang sangat diperlukan untuk dibahas. Jadi, apa robots.txt, mengapa begitu penting, dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkan file robots.txt WordPress untuk SEO friendly? Jika Anda tidak tahu tentang jawaban atas pertanyaan ini, maka pada artikel kali ini saya akan memberikan artikel atas semua jawaban dalam bahasa yang sederhana dan mudah.
Baca : 10 Syarat SEO yang Perlu anda Pelajari

Apa itu Robots.txt?

robots txt wordpress seoRobots.txt adalah file teks sederhana yang mengontrol bagaimana mesin pencari berperilaku dengan situs web Anda. Ini mengarahkan mesin pencari tentang di mana mereka diizinkan untuk indeks dan di mana mereka tidak dapat mengindeks. Ketika robot mesin pencari melakukan perayapan ke website atau blog Anda, Mesin pencari terlebih dahulu akan mengikuti perintah dari robots.txt.
Secara default, search engine dirancang untuk mengindeks informasi sebanyak yang mereka bisa dan robots.txt bisa membatasi semua itu. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus membatasi mesin pencari untuk memperoleh informasi lebih dari situs anda, bukankan itu akan semakin banyak kesempatan website anda bisa memiliki tempat peringkat yang baik, berikut jawabanya.
Secara total, ada dua alasan untuk menggunakan file ini. Pertama, Jika membuka semua data ke mesin pencari, maka akan membuat situs anda rentan dan mudah untuk di-hack. yang Kedua, memungkinkan mesin pencari untuk mengakses situs anda unrestrictedly dapat mengkonsumsi sejumlah besar bandwidth; dan sebagai efeknya, membuat situs web Anda menjadi lambat.

Cara Optimalkan WordPress SEO dengan Robots.txt?

Setelah membaca semua informasi di atas, Anda mungkin memiliki pemahaman yang jelas tentang definisi robots.txt dan mengapa Anda harus menggunakannya untuk website WordPress Anda. Kendala yang berlebihan terhadap perilaku mesin pencari ‘mungkin memiliki dampak negatif pada website SEO sementara terlalu banyak kebebasan bagi mereka dapat menempatkan website dalam bahaya.
Oleh karena itu, Anda perlu menentukan solusi yang dapat memberikan pertimbangan dalam menggunakan file robots.txt yaitu untuk keamanan website dan SEO. Berikut ini, contoh membuat file robots.txt anda agar dapat membatasi perilaku mesin pencari dan meningkatkan SEO wordpress.
Pertama, login ke control panel hosting Anda, misalnya, cPanel. Cari dan file manager terbuka di direktori file selain Backup. Sekarang, Anda dapat melihat file-file website Anda seperti Robots.txt. Namun, jika anda tidak menemukan file tersebut, maka buatlah file baru dan beri nama sebagai Robots.txt , atau anda bisa membaca artikel di bawah ini untuk cara membuat file baru di cpanel.
Baca : Cara Mencari dan Membuat File .htaccess WordPress di cpanel
Kemudian, Anda perlu klik kanan pada file Robots.txt Anda dan klik kode sunting setelah pembukaan. Kemudian, pilih utf-8 sebagai pengkodean karakter dan klik edit. Setelah ini, copy dan paste kode berikut dalam file. Jangan lupa ganti tulisan centerklik dengan domain anda.
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
sitemap: https://www.centerklik.com/sitemap.xml
User-agent: *
# disallow all files in these directories
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/
Disallow: /cgi-bin/
Disallow: /wp-content/
Disallow: /archives/
Disallow: /*?*
Disallow: *?replytocom
Disallow: /author
Disallow: /comments/feed/
Disallow: */trackback/
Disallow: /wp-*
Disallow: /*?*
User-agent:Mediapartners-Google*
Allow:/
User-agent:Googlebot-Image
Allow:/wp-content/uploads/
User-agent:Adsbot-Google
Allow:/
User-agent:Googlebot-Mobile
Allow:/
Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

1 Response to "Cara Optimalkan Robots.txt SEO Friendly WordPress"

  1. SEO masih menjadi misteri yang belum terpecahkan secara menyeluruh sampai sekarang oleh Saya. Terimakasih atas tulisan yang Anda tulis, Sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk Saya. Sukses terus untuk Anda

    ReplyDelete