Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web

Invenity – Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web

Dan kali ini, jauh dari posting sebelumnya yang mungkin nggak jelas. Kali ini ingin berbagi aplikasi web iseng kerjaan saya di salah satu sekolahan. Kali ini aplikasi untuk melakukan pendataan barang dalam suatu instansi ataupun perusahaan atau biasa disebut Aplikasi Inventory. Yap, gratis tinggal liat aja artikelnya. Download aplikasinya. Jalanin deh. 😀

Pengenalan

invenity-depan
Halaman utama aplikasi Invenity
Invenity! Ya, itu dia nama yang saya berikan ke aplikasi ini. Keren? Mungkin. Cuma masih banyak perlu pengembangan mengingat aplikasi ini masih banyak kekurangan. Mungkin ada yang bisa bantu? 😛
Aplikasi ini melakukan pendataan barang terutama untuk barang barang elektronik. Kenapa elektronik? Karena disana terdapat detailnya seperti Serial Number, Brand, Model dan lain lain.

Latar Belakang

Pada dasarnya ini adalah penerapan dari aplikasi lain yang serupa (milik orang) namun ya bisa dibilang tidak fleksibel (pada waktu itu). Saya coba untuk sempurnakan karena tuntutan pekerjaan. Yah namun pada akhirnya tidak pernah kesampaian karena kesempurnaan itu cuma buat Yang Maha Kuasa.

Informasi Singkat Aplikasi

Pada gambar utama anda dapat melihat halaman utama dari sistem Invenity, hanya berupa form login pengguna dan juga informasi aplikasi berupa nama aplikasi, alamat dan juga detail kontak seperti email dan juga nomor telepon. Semua itu nantinya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan setelah anda masuk ke dalam sistem aplikasi. Termasuk theme. Ya, semua (mungkin) sudah ter-cover. 😀

Dashboard

invenity-dashboard
Halaman dashboard Invenity
Nah pada gambar diatas adalah halaman dashboard, jika anda berhasil masuk maka akan tampil seperti gambar diatas. Berisi status monitor berupa chart yang menjelaskan jumlah barang pada masing masing status.

Pengaturan Sistem

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini juga dapat diubah namanya, logo dan detail lainnya yang berhubungan dengan sistem. Berikut adalah tampilannya :
invenity-sys-setting
Pengaturan Sistem
Pada halaman system settings ini anda dapat melakukan perubahan pengaturan sistem. Masih ada cukup banyak yang bisa diubah. Yah silahkan nanti dicoba saja.

Pengaturan Barang

Selanjutnya pengaturan barang, semua data barang di kelompokkan berdasarkan tipe. Jadi anda harus melakukan input data tipe barang terlebih dahulu. Silahkan lihat gambar diatas. Anda dapat melakukan upload foto setiap barang pada inventory.
Penting! Jika anda meng-install aplikasi ini pada mesin ber-OS windows harusnya tidak akan ada masalah. Namun jika anda meletakkan aplikasi ini pada mesin ber-OS Linux pastikan permission dari folder “assets/images” writable. Jika tidak writable maka anda akan mengalami kegagalan pada proses upload foto baik pada saat melakukan tambah data ataupun tambah pengguna baru.

Pengaturan Lokasi

invenity-loc-man.png
Pengaturan Lokasi
Pada halaman ini anda dapat menetapkan nama lokasi dari barang barang yang ada di dalam sistem aplikasi. Pada dasarnya lokasi merupakan nama ruangan dari suatu bangunan. Nah, didalamnya juga sudah disediakan berbagai detail seperti nama tempat, nama gedung dan lantai.

Laporan

invenity-report
Laporan
Laporan merupakan komponen yang harus ada dalam setiap aplikasi berbasis web. Nah saya sudah membuat laporan yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Output laporan adalah berupa file PDF. Menggunakan FPDF Class untuk meng-generate laporan tersebut.

Lain-lain

Maksudnya? Ya lain lain selain diatas seperti pengaturan pengguna, pengaturan komponen dan juga log. Saya akan persingkat saja penjelasannya karena akan terlalu panjang dan tidak efektif nantinya.
  1. Pengaturan pengguna berfungsi untuk, ya mengatur data pengguna (user) yang dapat masuk ke dalam sistem.
  2. Pengaturan komponen bermaksud jika anda ingin melakukan penambahan komponen pada aplikasi ini. Nantinya akan berpengaruh juga terhadap user permission (hak akses pengguna). Kemungkinan besar penggunaan standar tidak akan menyinggung halaman ini. Jadi ya silahkan di abaikan jika tidak perlu. 😛
  3. System log adalah semacam log yang melakukan tracking (pelacakan) semua aktifitas yang dilakukan oleh pengguna pada sistem aplikasi ini. Contohnya jika anda mengubah data barang, maka akan ada informasi tentang perubahan data tersebut.

Download (yay)

Ya, akhirnya yang ditunggu adalah… link download. Ok saya juga sama, baiklah tanpa basa basi selamat menikmati. 🙂

Penggunaan

  1. Download filenya
  2. Ekstrak di dalam folder web server anda.
    • Jika hosting : public_html
    • Jika WAMP : www
    • Jika XAMPP : htdocs
    • Jika Linux (standar) : var/www
    • Sesuaikan dengan server anda tentunya.
  3. Import file invenity.sql yang sudah disediakan.
  4. Ubah file lib/setting.ini.php, sesuaikan user, password dan nama databasenya.
  5. Data login pertama kali :
    • Username : admin
    • Password : admin
  6. Selamat mencoba!

Aplikasi ini menggunakan

  1. PHP PDO Class : https://github.com/indieteq/PHP-MySQL-PDO-Database-Class
  2. Grafik Chartjs : http://chartjs.org/
  3. Chosen select : https://github.com/harvesthq/chosen
  4. Datatables : http://datatables.net
  5. Datepicker : https://github.com/eternicode/bootstrap-datepicker
  6. Text Editor TinyMCE : https://www.tinymce.com/
  7. FPDF : http://www.fpdf.org/
  8. Fancybox : http://fancyapps.com/fancybox/
  9. Validetta : http://lab.hasanaydogdu.com/validetta/
It’s great to work with your creation. 🙂

sumber : https://kamarpersegi.wordpress.com/2016/12/02/invenity-aplikasi-inventory-barang-berbasis-web/

0 Response to "Aplikasi Inventory Barang Berbasis Web"

Post a Comment