Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau)

Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau) – Beberapa hari yang lalu, mimin memutuskan untuk melakukan install ulang OS Windows 10 pada salah satu laptop yang mimin punya. Semua berjalan lancar pada awalnya, namun ketika mimin coba untuk mengetikkan alamat email untuk masuk ke akun Microsoft, mimin menemukan sebuah keanehan kecil yang amat sangat mengganggu.
Simbol pada keyboard laptop kacauKeanehan itu berupa error, yang mana simbol pada keybord seperti tertukar, sehingga mimin kesulitan untuk memasukkan simbol “@” yang biasa digunakan pada alamat email, karena ketika mimin menekan tombol shift + 2 (yang seharusnya memunculkan icon “@”) ternyata yang muncul adalah icon tanda kutip.
Mimin juga menemukan bahwa tombol alt yang berada di sebelah kanan tidak dapat berfungsi normal, hingga mimin mengira mungkin ada kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop mimin. Meski terlihat sepele, namun simbol yang tertukar (bukan judul sinetron loh) ini jelas cukup mengganggu dan mungkin bisa membuat sebagian orang merasa frustasi karena kesulitan memasukkan simbol yang diinginkan.
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Apakah bisa? Setelah mimin coba untuk browsing, ternyata penyebab dari error nya keyboard pada laptop mimin ini sangatlah sepele. Nah, bagi kamu yang mungkin juga mengalami masalah yang sama, kamu tak perlu buru-buru pergi ke tukang service karena mimin akan membagikan tips atau tutorial singkat sebagai solusi untuk mengatasinya :
NOTE : Penjelasan soal penyebab dari masalah ini akan mimin bahas di bagian akhir, yaa…
1. Ketikkan kata “Region” pada kolom search (Cortana), lalu pilih Region & Language Settings seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Jika ternyata tidak ada kolom search pada taskbar di laptopmu, maka kamu bisa coba klik kanan pada icon windows yang terdapat di pojok kiri, lalu pilih Search, dan ketikkan kata yang disebutkan diatas.
Mengatasi tombol simbol keyboard tertukar2. Sekarang, akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Ganti pilihan Region (yang ditunjukkan oleh angka 1) menjadi United States, lalu klik tombol Add a language seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 2.
Keyboard error, simbol pada angka tertukar3. Disana akan muncul berbagai pilihan bahasa yang tersedia, carilah bahasa Inggris (English), lalu pilih English untuk United States. Jika sudah, maka akan muncul pilihan bahasa yang kita tambahkan tadi. Klik disana, dan klik tombol yang bertuliskan Set as default.
Mengatasi simbol error pada laptop windows 104. Tunggulah beberapa saat agar laptop atau komputermu menyesuaikan setup yang kamu lakukan barusan, lalu silahkan restart laptopmu.
Dan sekarang, cobalah kembali untuk memasukkan simbol-simbol pada keyboard laptopmu, dan seharusnya semua sudah kembali normal. Hemm, tapi kok aneh ya, cuman karena setting bahasa doank bisa error begitu?

Penyebab Terjadinya Error Ini Adalah…

Sebenarnya simpel aja sih. Jadi, secara default, Windows 10 akan memilihkan untuk menggunakan bahasa Inggris (United Kingdom), sedangkan sebagian besar orang Indonesia menggunakan keyboard atau laptop dengan standar keyboard United States, yang mana menurut sumber yang mimin baca, keduanya punya perbedaan, khususnya pada peletakan simbol pada keyboard.
Sehingga, letak dari simbol-simbol tersebut akan tertukar, seperti yang juga mimin alami. Jadi, untuk mengatasinya adalah kita cukup mengganti settingan bahasa menjadi bahasa yang sesuai dengan standar dari keyboard yang kita gunakan, yakni English (United States). Simpel, kan?
Nah, itulah cara mengatasi masalah (error) simbol keyboard yang tertukar pada laptop yang menggunakan OS Windows 10. Silahkan jelajahi Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mengatasi Error Simbol Pada Keyboard Laptop (Tidak Sesuai Perintah / Kacau)"

Post a Comment