Server Not Ready (Server Belum Siap)
Saat buka database gdb di ACCURATE muncul konfirmasi,
“SERVER NOT READY
Please ensure that your firebird on server LOCALHOST can listen on port 3051
Your computer may be behind firewall
Firebird not started yet”
Disini ada 2 kemungkinan yang menyebabkan munculnya konfirmasi tsb :
- Firebird tidak running
- Jaringan(Network client ke Server)
Firebird tidak running
Firebird yang adalah database yang
digunakan ACCURATE harus terinstall dan running statusnya di komputer
tempat file data .gdb disimpan(komputer server). Untuk itu kita bisa cek
ke komputer tempat data GDB disimpan ke Start | Control Panel | Administrative Tools | Services, cari Firebird pastikan statusnya Started.
Jika tidak ditemukan Firebird di
Services, kemungkinan Firebird belum terinstall, install Firebird
terlebih dahulu menggunakan Installer(file Setup) ACCURATE dengan
memastikan option Server tercentang saat penginstallan. Setelah itu coba buka data kembali.
Jaringan(Network Client ke Server)
Setelah memastikan Firebird Running di komputer Server tapi saat buka data masih muncul pesan “Server not Ready”, hal yang perlu diketahui Terjadi di komputer mana? Berikut ini beberapa kemungkinan dan cara pengecekannya :
-
Server bisa buka, tapi semua Client yang mau buka data ke komputer Server dengan cara Remote tidak bisa.
Pastikan saat buka secara Remote dari komputer Client untuk Server Name kita sudah isi dengan IPAddress komputer Server
yang benar. Cara mengetahui berapa IPAddress komputer server, di
komputer tempat data yang akan dibuka(server) lakukan IPConfig dari Start | Run, ketikkan cmd lalu enter, ditampilan CPrompt ketikkan ipconfig
lalu enter, akan diinformasikan berapa nomor IPAddress komputer server
tsb, jika ternyata tadi waktu buka data salah IPAddress nya, silahkan
dicoba lagi buka data dengan IPAddress server yang seharusnya.
Untuk pengetikkan alamat data .gdb saat
kita remote dari Client ke Server, cara pengetikkannya seperti kalau
kita di komputer local server, jadi kalau data ada di drive C server
maka kita langsung ketikkan C:\dstnya..gdb. Jadi tidak perlu melakukan
mapping drive atau folder tempat data, karena kita tidak bisa
menggunakan hasil mapping tsb.
Jika sudah mengettikan IPAddress dan alamat yang benar masih muncul konfirmasi yang sama, dari komputer Server kita ke Start | Control Panel | Windows Firewall, pastikan disana kita pilih OFF,
lalu coba buka data kembali. Jika berhasil buka data dan kita mau
Windows Firewall kondisinya ON, kita bisa buat Exception caranya
silahkan klik disini.
-
Server dan beberapa Client bisa buka, tapi hanya Client tertentu saja tidak bisa buka.
Jika hanya client tertentu saja yang
tidak bisa buka data dengan konfirmasi Server not Ready, pastikan waktu
buka data untuk pengetikkan IPAddress Server dan Alamat data sudah sama
caranya seperti komputer client yang lainnya. Untuk mengetahui IPAddress
server dan alamat yang sudah dibuka komputer Client yang lainnya, kita
bisa lihat tampilan komputer Client yang lain yang sudah berhasil buka
data, dibagian paling atas tampilan ACCURATE terdapat informasi Remote
nya ke IP berapa dan berikut alamat file gdb nya.
Selain itu pastikan koneksi jaringan
komputer client yang tidak bisa buka data ini sudah terhubung dengan
baik, cara pengecekkannya kita ping ke komputer Server dari komputer Client tsb ke Start | Run, ketikkan cmd lalu enter, ditampilan cPrompt ketikan ping ipaddress server, contohnya ping 192.168.1.10 lalu enter, pastikan konfirmasinya adalah Reply. Kalau konfirmasi yang keluar Request Time Out
silahkan di cek kembali koneksi jaringan komputer client tsb, misal
kable LAN yang colok ke PC atau ke HUB ada longgar bisa coba di cabut
colok kembali. Jika ping sudah Reply seharusnya waktu buka data dengan
IP dan alamat data di server yang benar sudah bisa buka data.
-
Server(komputer tempat data) sendiri buka tidak bisa dan semua komputer Client juga jadi tidak bisa buka data.
Selain pastikan Firebird statusnya sudah running, lakukan langkah berikut :
- Disable/matikan antivirus yang running di komputer server atau kalau perlu di uninstall bersih dulu antivirus yang ada di server, lalu coba buka data kembali. Hal ini dilakukan barangkali ada Firewall bawaan dari Antivirus yang memblok Port yang digunakan ACCURATE yaitu port 3051 dan 3052. Jika tahu cara buat exception di antivirus tsb silahkan buka permission untuk port tsb.
- Pastikan IPAddress di komputer server sudah di setting. Bisa di cek dengan cara ping localhost dari cPrompt, dan kalau kita ketikkan ipconfig di cprompt tsb informasi IPAddress nya keluar.
0 Response to "Accurate Server Not Ready (Server Belum Siap)"
Post a Comment